Kamis, 13 Desember 2018

Beacon 2018, Animasi Subsektor Prioritas Ekonomi Kreatif

Reporter:
Editor:

Fadhli Sofyan

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Sejumlah peserta memakai kostum tokoh animasi saat ajang Hellofest 8 Anima Expo di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (4/2). Hellofest menampilkan 1105 peserta dari berbagai macam tokoh film fiksi Jepang dan Amerika dan merupakan rekor peserta terbesar di Indonesia. ANTARA/Prasetyo Utomo

    Sejumlah peserta memakai kostum tokoh animasi saat ajang Hellofest 8 Anima Expo di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (4/2). Hellofest menampilkan 1105 peserta dari berbagai macam tokoh film fiksi Jepang dan Amerika dan merupakan rekor peserta terbesar di Indonesia. ANTARA/Prasetyo Utomo

    TEMPO.CO, Surabaya - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong pertumbuhan animasi di kalangan anak muda dengan menggelar Bekraf Animation Conference (Beacon) 2018 atau ajang pertemuan dengan beberapa pengamat di bidang inovasi animasi.

    Baca: Pelatihan Menulis di Tempo Institute

    Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf mengatakan ajang Beacon yang dipusatkan di Surabaya itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pelalu industri animasi Indonesia. Agar mereka mendapatkan peluang untuk menjual atau menunjukkan produk layanan kepada pembeli potensial.

    "Sebab, kami juga melibatkan stasiun televisi, agensi dan investor yang telah berkecimpung dalam industri ini selama bertahun-tahun," ujar Triawan. Ia berharap, dengan adanya Beacon bisa semakin membangun ekosistem animasi Indonesia untuk peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa di subsektor animasi demi kemajuan animasi Indonesia.

    Direktur Riset Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif, Wawan Rusiawan mengatakan, animasi merupakan salah satu subsektor industri kreatif prioritas. Animasi menjadi fokus untuk dikelola dan dikembangkan, karena berperan sebagai penghela sektor ekonomi lainnya.

    "Visi pengembangan animasi adalah memperluas eksposure konten animasi di berbagai sektor di Indonesia pada 2019. Dengan berdasarkan asumsi bahwa pasar global adalah pasar Indonesia itu sendiri, atau setidaknya penguasaan pasar nasional adalah kunci bagi langkah menuju pasar global," katanya. Ia mengatakan, kegiatan Beacon juga untuk memperkenalkan program Bekraf terkait pengembangan ekonomi kreatif kepada pelaku, asosiasi dan masyarakat ekonomi kreatif, khususnya untuk subsektor animasi. 

    Selain itu, juga menjembatani kesenjangan jejaring bisnis animasi antara rumah produksi dengan distributor atau investor nasional dan global untuk memberi ruang pada talenta muda animasi Indonesia dengan menimba ilmu melalui mentor/tutor yang bereputasi dunia untuk membangun kolaborasi dengan pelaku utama animasi nasional dan dunia.

    Berdasarkan Data BPS, Poduk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif Tahun 2016 mencapai Rp922,59 triliun rupiah dengan pertumbuhan 4,95 persen dan share terhadap PDB Nasional sebesar 7,44 persen.

    Baca juga: Konferensi WCCE, Bekraf Paparkan Tantangan Ekonomi Kreatif

    Sementara itu, sebagai bagian dari sektor ekonomi kreatif, subsektor film, animasi dan video menciptakan nilai tambah atau PDB 2016 sebesar Rp1.578,2 miliar rupiah dengan pertumbuhan mencapai 16,5 persen, sedangkan jumlah tenaga kerja yang terserap tercatat sebanyak 39.550 orang. 

    ANTARA


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Jason Momoa dan Amber Heard dalam 6 Fakta Unik Aquaman

    Jason Momoa dan Amber Heard akan memerankan Aquaman dan Merra dalam film dengan cerita tentang kerajaan bawah laut Atlantis.